Selasa, 08 Januari 2013

Korupsi


Etika Bisnis adalah Pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi/sosial, dan penerapan norma dan moralitas ini menunjang maksud dan tujuan kegiatan bisnis

Pelanggaran etika bisa terjadi di mana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Contohnya seperti Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) tumbuh subur di banyak perusahaan. Dan kasus yang paling banyak terjadi adalah Korupsi.

Pengertian korupsi sendiri adalah perbuatan merusak sistem, bisa dilakukan oleh pejabat publik, karyawan swasta, atau siapapun yang punya konflik kepentingan. Bentuk-bentuk korupsi meliputi seperti manipulasi, suap / penyogokan, penyalahgunaan kekuasaan, nepotisme, dsb.

Contoh kasus praktek korupsi dalam kegiatan bisnis seperti  kasus yang belum ini terjadi di PT Gunung Emas Abadi sebuah perusahaan yang bergerak di pertambangan Batu bara yang diduga memberikan suap ke Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bogor, untuk mengurangi besaran pembayaran pajak perusahaannya yang mencapai kisaran antara Rp21,5 miliar sampai Rp22 miliar. Kepala KPP Bogor menyanggupi besaran pembayaran pajak itu bisa dikurangi mencapai angka Rp1,5 miliar dan hingga terjadi tawar menawar untuk mengurangi pembayaran tersebut menjadi Rp1,2 miliar serta pemberiaan uang jasa sebesar Rp300 juta sebagai  jasa penurunan biaya pembayaran pajak tersebut. 

Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa masih banyak perusahaan yang melakukan pelanggaran etika bisnis seperti praktek korupsi yang masih marah sampai sekarang yang berdampak merugikan pemerintah seperti kasus diatas.



NAMA : Fernando
NPM    : 18110955
kelas     :  3KA31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar