Selasa, 01 Oktober 2013

TELEMATIKA



Telematika

1. Pendahuluan

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION” and “INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

2. Teori

Merupakan bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika, yang merupakan kepanjangan dari telekomunikasi dan informatika, merupakan suatu sarana komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.

3. Analisa

Telematika sangat berperan penting bagi masyarakat, dengan adanya sarana-sarana telematika seperti E-government yang memudahkan masyarakat mengetahui dan melaksanakan administrasi kepada pemerintah, E-commerce yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan jual-beli barang, E-learnning yang menyediakan segala macam informasi dan pelajaran yang dapat menjadi media pembelajaran bagi masyarakat selain dari buku.

4. Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar