Senin, 22 April 2013

Penulisan Ilmiah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi semakin berkembang, aktivitas yang dijalani hampir disegala bidang menggunakan jasa teknologi, demikian juga dalam bidang kesehatan,  teknologi sangat berperan penting dewasa ini. Semakin berkembangnya teknologi pada pengobatan secara medis membuat pengobatan tradisional mulai terabaikan, karena keterbatasan media teknologi dalam memberikan informasi mengenai pengobatan secara tradisional.
Pengobatan tradisional sendiri memiliki beberapa cara, ada yang mengunakan terapi pijat contohnya seperti reflexi dan akupuntur, dan ada juga yang menggunakan cara mengkonsumsi ramuan – ramuan yang bermanfaat dalam pngobatan penyakitnya. Mungkin jika masyarakat yang menderita suatu penyakit mengetahui manfaat pengobatan tradisional dapat sedikit membantu proses pengobatan penyakitnya.
Dengan munculnya Sistem Operasi berbasis android, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi, salah satunya digunakan untuk menyampaikan informasi kepada para masyarakat luas mengenai pemanfaatan ramuan tradisional, dan memudahkan masyarakat sekitar yang membutuhkan  informasi mengenai pengobatan dengan ramuan tradisional, khususnya ramuan jamu.
Oleh karena permasalahan – permasalahan diatas penulis ingin membantu masyarakat luas yang belum mengatahui informasi tentang pemanfaatan pengobatan tradisional, dengan  membuat penulisan ilmiah yang berjudul “Aplikasi Pemanfaatan Jamu Tradisional Berbasis Android”
1.2 Batasan Masalah.
      Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah  hanya mencakup pembahasan sesuai dengan judul  penulisan “Aplikasi Pemanfaatan Jamu Tradisional Berbasis Android”  yang meliputi bahan baku pembuatan, cara pembuatan dan cara penerapan jamu tradisional yang tertera dalam penulisan.
1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pemanfaatan jamu tradisional pada Sistem Operasi Android. Aplikasi ini ditujukan untuk pasien yang memilih pengobatan tradisional dengan mengkonsumsi jamu, agar menambah pengetahuan dan pemanfaatan dari jamu tradisional sebagai alternative dalam pengobatan.

1.4  Metode Penelitian
1.   Pengumpulan Data
Dalam melaksanakan penelitian penyusunan, dilakukan teknik-teknik metode penelitian berupa pengumpulan data dan pencarian informasi dilalakukan dengan menelaah buku yang terdapat di perpustakaan, bullletin, buku dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini.
Pengamatan dilakukan dengan wawancara langsung dengan Masyarakat sekitar yang sering mengkonsumsi jamu guna untuk mendapatkan informasi yang di perlukan.
2.   Perancangan
Dalam tahap ini penulis merancang tampilan aplikasi dengan membuat struktur flowchart menggunakan UML
3.   Implementasi
Dalam tahap ini penulis akan menerapkan hasil perancangan kedalam suatu bahasa pemrograman dengan menggunakan Eclipse


4.   Menjalankan Aplikasi
Dalam tahap ini uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan dengan  menggunakan ponsel berbasis Android

1.5  Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pembahasan penulisan ilmiah ini, maka penulisan ilmiah ini dibagi menjadi empat bagian
BAB I                         PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan juga sistematika yang disajikan dalam penulisan.
BAB II                        LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang ANDROID, ANDROID SDK, JDK, ECLIPSE, SQLite, dan DroidDraw.
BAB III          PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang rancangan dan implementasi dari aplikasi  yang akan dibuat serta hasil  yang akan ditampilkan.
BAB IV          PENUTUP
Dalam bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan penulisan ilmiah ini dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar